Analisis UU Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat (Perspektif Sosial dan Politik Hukum)

Aisyah Aisyah(1*), Fakina Herliani(2), Sopian Sopian(3),

(1) Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
(2) Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
(3) Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari
(*) Corresponding Author




Abstract

Zakat is a religious institution that aims to improve justice and welfare of the community so it needs to be regulated to increase the effectiveness and efficienty, zakat must be managed in an institutionalized manner in accordance with Islamic law. Management of zakat is the activity of planning, implementing, and coordinating the collection, distribution and utilization of zakat. Zakat itself means property that must be issued by a Muslim or business entity to be given to those entitled to receive it in accordance with Islamic law. UU No. 23 / 2011 is a regulation governing Zakat Management which cannot be separated from the social and political influence of the law.

References

Masykuri Abdillah, “Epistemologi Fikih Siyasah” dalam Ahkam Jurnal Ilmu Syariah Vol. XII, No. 1 Januari 2012.

Wahbah al-Zuhaylî, al-Fiqh al-Islâmî wa Adillatuh Juz I , (Damaskus:Dâr al-Fikr, t.t).

Nirwan Syafrin, “Konstruk Epistemologi Islam: Telaah bidang Fiqh dan Ushul Fiqh” dalam Tsaqafah Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Volume 5, Nomor 1, Zulqa’dah 1429, Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Pondok Modern Darussalam Gontor Indonesia.

Rifyal Ka’bah, “Hukum Islam dan Perubahan Global”, maklaah Seminar Internasional “Islam Menghadapi Perubahan di Era Global”, aula Rektoran IAIN Imam Bonjol Padang, Senin 28 November 2007.

Cik Hasan Bisri, Model Penelitian Fiqh Jilid I (Jakarta Timur: Prenada Media, 2003), Cet I.

Ahmad Hanany Naseh, “Pembaharuan Hukum Islam di Indonesia” dalam Mukadimah, Vol. XV, No. 26 Januari-Juni 2009.

Kajian tersebut dapat dilihat pada penelitian yang dilakukan Jaih Mubarok yang berjudul Modifkasi Hukum Islam: Studi tentang Qawl Qadim dan Qawl Jadid (2002).

Surat itu diberi nomor D.15-1-5-25.Lihat: Muhammad Daud Ali dan Habibah Daud, Lembaga-lembaga Islam di Indonesia (Jakarta:Rajawali Press, 1995).

Anonim. Salinan Peraturan Menteri Agama no. 4 Tahun 1968 (Depag, Jakarta,1968).

Muhammad Daud Ali, Sistem Ekonomi Islam, Zakat dan Wakaf (Jakarta:UI Press, 1991).

Andi Lolo Tonang dalam B. Wiwoho et.al (Ed), Zakat dan Pajak (Jakarta:Bina Rena Pariwara, 1992).

Muhammad Daud Ali, Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf (Jakarta: UI-Press, 1988).

Kementerian Agama RI, Modul Penyuluhan Zakat, (Jakarta: Direktur Pemberdayaan Zakat).

Abdul Qadir Zaelani, Inkonstitusionalitas Bersyarakat Pengelolaan Zakat (Studi Analisis Terhadap Putusan MK NO. 86/PUU-X/2012 ), (Bandar Lampung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Iain Raden Intan Lampung, 2016).

Yusuf Wibisono, Mengelola Zakat Indonesia, Cet Ke-1, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015).

Masdar Farid Mas’udi, Pajak itu Zakat Uang Allah untuk Kemaslahatan Rakyat, (Bandung: Mizan Media Utama, 2010).

M. Atho Mudzhar, Fatwa-fatwa Majelis Ulama Indonesia, Soedarso Soekanto (pent.).

M. Atho Mudzhar, Esai-esai Sejarah Sosial Hukum Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014).

Muhammad Aziz dan Sholikah, Jurnal: Zakat Profesi Dalam Perspektif Undang- Undang No. 23 Tahun 2011 Dan Hukum Islam (Jember: IKIP PGRI Jember, 2014).


Full Text: PDF

DOI: 10.32694/010870

Article Metrics

Abstract View : 31 times
PDF : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aisyah Aisyah, Fakina Herliani, Sopian Sopian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.